Search

KPK Bantah Alokasikan Anggaran Khusus Buat Biayai LSM

KPK Bantah Alokasikan Anggaran Khusus Buat Biayai LSM

Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKB, Anwar Rahman mencurigai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut mengalokasikan anggaran khusus bagi sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) guna mendukung kinerja lembaga antirasuah tersebut. Namun KPK membantah tudingan itu.

Hal itu ia sampaikan saat rapat pembahasan anggaran tahun 2020 yang digelar bersama KPK di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (2/9).

"Yang kita pertanyakan selama ini KPK dalam beberapa hal yang berkaitan dengan publik selalu NGO yang tampil. Apakah NGO ini dianggarkan di dalam sini atau gimana? Biayanya gimana itu? Ada beberapa NGO?" kata Anwar.

Tak hanya itu, Anwar mempertanyakan soal anggaran KPK untuk LSM yang kerap mengerahkan massa untuk mendukung KPK. Ia bertanya apakah anggaran untuk mobilisasi LSM itu masuk dalam pos anggaran di KPK.

"Kemudian mengerahkan dukungan massa, nah ini kan ada anggaran. Apa dianggarkan di sini? Kalau masuk anggaran di pos apa?" ujar Anwar kembali bertanya.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif yang hadri dalam pembahasan ini membantah hal tersebut. Ia menegaskan KPK tidak pernah membayar LSM atau para tokoh lain yang kerap membela kinerja KPK selama ini.

Ia menyatakan siapapun yang datang ke KPK untuk mendukung kinerja pemberantasan korupsi sama sekali tak dibiayai sama sekali alias sukarela.

"Tidak sama sekali. Tidak ada. Dan juga jangan kita menghina NGO. Kalau ibu wakil presiden datang ke KPK, nggak dibayarin itu. KH Saiq Aqil itu tidak dibayarin KPK kalau dia datang dukung KPK," kata Syarif.

Selain itu, Laode berharap tak ada pihak merendahkan aksi dari LSM dan tokoh masyarakat lain yang sedang membela KPK. Ia malah menyindir balik soal demonstrasi yang kerap digelar untuk mengkritik kinerja KPK.

"Yang perlu dipertanyakan itu yang kirim-kirim bus itu yang orangnya nggak tahu apa yang diomongin. Sampai 6-7 bus depan KPK. Nah itu yang dibayar. Kalau yang lain, para tokoh bangsa jangan juga kita rendahkan," kata dia.

[Gambas:Video CNN] (rzr/osc)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "KPK Bantah Alokasikan Anggaran Khusus Buat Biayai LSM"

Post a Comment

Powered by Blogger.